Tidak Punya Waktu Bukan Alasan Untuk Menunda Berbisnis

Tidur

Coba bayangkan berapa banyak ide bisnis keren yang dilewatkan begitu saja karena sang pemimpi tidak pernah berusaha untuk mewujudkannya. Alasannya sangat tidak masuk akal, tidak punya waktu. Bleh…

Jika kamu punya ide bisnis, coba lakukan. Kenapa? Karena suatu saat bisa aja ada orang lain yang menjalankan bisnis serupa dan ternyata profitable. Nyesel nggak?

“Aku akan mulai tahun depan”

Iya kalo masih hidup?

“Aku tidak yakin sekarang bisa melakukannya”

Kalo begitu tunggu aja sampai orang lain yang melakukan dan kamu cuma bisa nonton.

“Aku tidak punya waktu”

Luangkan waktumu.

Coba baca 6 tips untuk memulai bisnis, meski kamu kerja full-time atau kamu sekedar merasa tidak punya banyak waktu.

1. Batasi Diri dari Media Sosial

Pengusaha sukses tidak akan menghabiskan 99% waktu mereka dengan bermain sosial media, entah itu stalking, upload foto selfie, ataupun nimbrung di grup yang tidak jelas.

Tidak ada yang salah dengan media sosial. Bahkan kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkan bisnismu. Akan tetapi, jika kamu mulai serius mengerjakan bisnismu, kurangi ketergantunganmu terhadap sosial media. Internet itu luas dan waktumu akan mubazir kalau hanya digunakan untuk media sosial.

2. Kurangi nonton Sinetron, Film, Drama, dan Movie

“Ngapain weekend ini, bro?”

“Mau marathon drama Korea”

“Mau marathon SiNarto”

“Mau marathon Tukang Siomay Naik Motor”

Tidak ada salahnya untuk menghibur diri sendiri dengan menonton tayangan seperti itu. Tapi, jangan habiskan waktu mulai pagi sampai pagi lagi hanya untuk menonton secara marathon. Wasting time banget!

Coba potong jatah untuk nonton dan gunakan waktu itu untuk mengembangkan bisnis yang akan kamu rintis, maka lihat perbedaannya.

3. Buat Jadwal Kegiatan Sehari-hari

Setiap orang punya kegiatan sehari-hari yang harus mereka lakukan. Seperti belanja bulanan, cuci baju, bersih-bersih rumah, dan kegiatan lainnya. Cobalah buat jadwal agar kegiatan yang kamu lakukan berjalan secara efisien dan tidak ada waktu yang terbuang percuma. Dengan jadwal yang mulai teratur, kamu bisa menyisihkan waktu satu atau dua jam saja tiap harinya untuk mengembangkan ide bisnismu.

4. Bangun Pagi Tidur Malam

Semua orang dapat berbisnis, meskipun dia bekerja full-time. Apa kamu tipe orang yang bangun jam 7 kemudian mandi agar jam 7.30 berangkat dan jam 8 sudah sampai kantor? Kalau iya, bagi muslim setelah subuh jangan tidur lagi, tapi gunakan beberapa jam itu untuk fokus pada bisnismu. Buat yang non-muslim bisa bangun pukul 5 dan melakukan hal yang serupa.

Alasan tidak punya waktu karena kerja full-time adalah alasan yang dibuat karena mereka memang malas untuk memulainya. Atau ada yang bilang tidak punya waktu karena mengurusi keluarga dan anaknya. Kalau seperti itu kasusnya, setelah pulang kerja, luangkan waktu untuk keluarga, makan malam bersama mereka dan temani sampai anak anda tertidur. Setelah itu anda bisa fokus lagi pada bisnis anda. Tapi memang tidak mudah. Sesibuk apapun kamu, dengan adanya jadwal hidup yang teratur maka akan dengan mudah meluangkan waktu.

5. Tentukan Tujuan yang Realistik Sebagai Permulaan

Hal ini sangatlah penting. Misalnya kamu bertekad untuk menyisihkan waktu satu jam setiap harinya untuk fokus ke bisnismu. Maka lakukanlah hal itu, dengan menentukan tujuan yang tidak terlalu berat dan relatif bisa dicapai. Dengan mengetahui tujuan yang ingin dicapai, otomatis akan membuat kamu tetap bersemangat. Buat tujuan sederhana namun tetap terfokus. Meski akan memakan waktu lama, asal konsisten pasti bisa.

Kasus terburuk adalah mereka yang suka mencari-cari alasan dan menentukan target yang terlalu muluk. Bayangkan kalau kamu berkata “Aku akan mulai berbisnis kalau ada waktu luang lebih lama” setiap hari selama beberapa bulan. Nah, kalau kamu tadinya menentukan satu jam setiap hari, sudah berapa jam yang kamu manfaatkan untuk mengembangkan ide bisnismu?

6. Manfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

Jika kamu memanfaatkan waktu luang ketika menunggu antrian bank atau menunggu pacar selesai nyalon dengan bermain COC di smartphone, kurangi kebiasaan itu. Meski cuma sekedar 30 atau 45 menit. Waktu sangatlah berharga. Fokuslah kepada pekerjaan ringan yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bisnismu. Coba catat apa yang akan kamu lakukan dan pada kejadian apa kamu akan menghabiskan banyak waktu selagi menunggu, sehingga kamu bisa menyusun apa saja yang perlu dikerjakan pada saat menunggu.

Sumber Artikel : JonathanLong

Fany Puspita

Post A Reply

Translate »