Konsep Responsive Web Desain

Gambar-A

Ilustrasi Konsep Web Desain via freepik

Desain web merupakan hal yang fundamental dalam pembuatan sebuah website. Seorang front-end developer haruslah mempunyai konsep yang simple dan menarik untuk merancang sebuah website. Performa, interaktifitas user, dan desain tampilan yang bagus haruslah linier.

Berkembangnya teknologi komputer yang dimulai dari desktop PC lalu ada laptop, tablet, dan mobile menuntut seorang front-end developer untuk menciptakan tampilan yang mampu beradaptasi dengan layar. Dalam web desain kita mengenal konsep responsive desain, penjelasan simpel dari konsep ini adalah bagaimana membuat tampilan website yang bisa beradaptasi pada layar desktop atau mobile.

Kenapa tampilan website harus bisa beradaptasi? Karena ketika user mengakses sebuah website di desktop tentunya mereka ingin fitur, isi, dan tampilannya sama ketika website tersebut juga diakses di mobile. Namun mobile mempunyai fitur yang lebih minim dari sebuah desktop. Mobile diciptakan bukan untuk menggantikan desktop, tapi bagaimana menciptakan sebuah teknologi yang bisa dibawa kemana saja dan mudah dipakai oleh user.

Dengan minimnya fitur di mobile maka harus diciptakan interface yang mampu beradaptasi, terutama pada resolusi layar, karena layar di mobile sangatlah kecil. Seorang front-end developer harus mampu memikirkan kedua tampilan ini. Perancang website harus bisa mendesain dua tampilan sekaligus untuk mendapatkan hasil maksimal dari websitenya sehingga ketika tampil di mobile, fitur, isi dan tampilan tidak hilang. Konsep inilah yang menjadi “the next web design technology”, dengan teknologi ini user bisa menikmati fasilitas yang sama di semua media.

Tampilan sebuah website mampu beradaptasi di segala media tentu tidak dengan konsep yang dibuat-buat, ada standarisasi yang harus diketahui oleh seorang  front-end developer. Standarisasi ini berupa tool yang biasa digunakan secara teknis dalam produksi desain web. Salah satu tool yang digunakan untuk membuat sebuah tampilan yang responsive adalah bootstrap, tool ini merupakan sebuah plug-in untuk tampilan depan sebuah website.

Boostrap biasa digunakan dalam produksi sebuah website dan sudah menjadi standar. Selain itu bootstrap menyediakan kemudahan dalam hal programming kepada seorang front-end developer, mereka tidak perlu repot untuk membuat syntax CSS, HTML, atau Javasript sendiri untuk membedakan tampilan di desktop atau mobile. Bootstrap membuat dirinya bisa mendeteksi apakah sebuah website itu sekarang diakses di mobile atau desktop.

 

Gambar-B

Penerapan Responsive Design via freepik

Begitulah sebuah tampilan website harus dapat disesuaikan dengan interaktifitas user yang memakainya. Dengan adanya teknologi responsive desain ini bisa menjadi solusi bagaimana tampilan dari web mampu dikonsumsi oleh user di segala media, desktop maupun mobile.

Inspirasi Artikel :

  1. GetBootstrap
  2. Wikipedia
  3. W3Schools
Aulia Arif Wardana

Post A Reply

Translate »