Desain Grafis itu yang mana?

desian grafis itu

Di era berkembangnya teknologi komunikasi saat ini membuat informasi dapat tersampaikan dengan cepat dan volume yang tinggi.  Banyaknya informasi  yang diterima seringkali menimbulkan beberapa pengertian kata menjadi samar, entah itu mengalami penyempitan, perluasan maupun pergesaran makna. Hal apa yang Anda bayangkan ketika mendengar kata ‘desain’? Bisa jadi anda membayangkan mode baju, interior rumah, dan lain sebagainya. Tidak ada yang salah dengan yang Anda pikirkan, karena kata ‘desain’ memang memiliki cakupan yang sangat luas.
Desain adalah kegiatan kreatif yang membawa pembaharuan (Reswick, 1965)

Desain dapat mengarahkan perilaku bagi orang yang melihatnya. Bisa juga menjadi solusi atas sebuah permasalahan yang terjadi. Salah satu cabang dari ilmu desain adalah desain grafis. Lalu manakah yang dimaksud dengan desain grafis itu?

Menurut Danton Sihombing, Desain Grafis adalah mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar, baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi.

Desain grafis membebaskan desainernya mengolah dan mengatur elemen-elemen visual dimana pada akhirnya hal tersebut dapat mengkomunikasikan ‘pesan’. Desain grafis lebih banyak kita temui pada media promosi misalnya brosur, banner, poster, dll. Namun di era digital ini desian grafis juga banyak berpengaruh dalam interface website,, baik grafis yang statis maupun motion graphic.

image-desain-grafis-itu-yg-mana

 

Pada intinya, desian grafis memiliki ciri-ciri adanya elemen-elemen visual (garis, titik, bidang, gempal) baik berupa foto, gambar, dan tipografi yang dikomposisikan sedemikian rupa dengan tujuan untuk mengungkapkan sebuah pesan.

Image  by www.polyvore.com, www.averising.com, www.creativefluff.com, www.designzzz.com, www.pinterest.com,

Naila Conita

Post A Reply

Translate »