Mengenal Hand Lettering

wake_up

https://www.behance.net/lapantigatiga

Hand Lettering, atau yang lebih banyak dikenal sebagai menulis indah sedang marak di kalangan anak muda saat ini. Terbukti di berbagai media, misalnya dekorasi kafe dan karya grafis tipografi, hand lettering banyak peminatnya. Selain karena style yang menarik, hand lettering adalah karya manual dan limited.

Menurut desainer-penulis Phil Baines dan Andrew Haslam, lettering menggunakan tangan (handlettering) dan alat seperti pahat, pena atau kuas dan tidak dimaksudkan untuk diproduksi masal melainkan spesial untuk keperluan khusus. (Surianto Rustan, Tipografi)

Hand Lettering dibuat secara manual yang tidak menutup kemungkinan ekspresi terlibat banyak dalam prosesnya. Ekspresi tersebut dapat divisalisasikan secara bebas dan sesuai keinginan. Namun bila hand lettering masuk dalam kategori fungsional, hal yang paling penting adalah keterbacaan. Untuk itu ada beberapa hal yang harus dipahami yaitu mengenai anatomi huruf sebagai berikut:

anatomi

www.designersinsights.com

Improvisasi dalam pembuatan lettering membuat style lettering saat ini menjadi beragam,
namun ada beberapa style yang sering digunakan oleh letter artist antara lain : Script, Black Letter, Brush, Modern Script, dll.

Untuk mengenal lebih jauh tentang hand lettering, saat ini sebagian besar letter artist banyak bersosialisasi di instagram. Adapun di Indonesia ada komunitasnya sendiri yaitu dapat di cek di @kaligrafina dan @belmenid.

Naila Conita

Post A Reply

Translate »