Wawasan: Aliran Desain dalam Sejarah Desain Part 1

WAWASAN 1

Bagi seorang desainer, memiliki ciri khas dalam visualisasi desain adalah sebuah nilai tambah tersendiri. Selain untuk spesialisasi juga sebagai pembeda dengan desainer lain. Beberapa gaya desain yang dipakai oleh desainer masa kini sedikit banyak terpengaruh dengan aliran desain yang sudah ada sejak dulu. Berikut ini beberapa aliran desain yang cukup berpengaruh dalam sejarah desain :

  1. Constructivism
    Kombinasi dari kata dan imajinasi sebagai suatu pengalaman visual poster-poster yang inofatif sebagai pembawa komunikasi revolusi, ini berasal dari revolusi Rusia.
  2. Art nouveau
    Design yang menyukai sutu peniruan alam. Design ini terisnpirasi dari keindahan bentuk beliku-liku pada tumbuhan seperti tumbuhan rambat, daun, dan bunga. Design art nouveau lebih menekankan pada permukaan yang berdekorasi dan berornamen.
  3. Cubism
    Design ini lebih mementingkan penyajian kesan., antara lain : fragmentasi, sudut pandang dari ebrbagai sisi, susunana benda-benda denga potongan kertas dan sebagainya yang ditempelkan pada bidang datar dan merupakan kesatuan karya seni, orang-orang yang berkumpul, ketajaman bentuk huruf merupakan unsur pandang yang utama.
  4. Futurism
    Merupakan penggabungan unsur kubism dan gerak. Unsur mesin dan kinematik merupakan elemen desain.
  5. Dada
    “What is art” itulah pertanyaan yang terlontar pada paham ini pertamakali, pada hakikatnya mereka menginginkan suatu perluasan ide akan dibawa kemana seni ini, sehingga timbulah unsur humor, perubahan bentuk (metamorfosis), dan unsur nilai kejutan sebagai suatu elemen komunikasi sebagai senjata pamungkas mereka serta bereksperimen dengan bentuk tulisan (typographic).
  6. Surrealism
    Mendapatkan kesan ilustrasi dari akal bawah sadar.

Daftar Pustaka:
Pusat pengembangan bahan ajar Universitas mercubuana, Rommy Budiman, S.Sos, 17 April 2014
Gambar:
designinenglish.wordpress.com
blog.tshirt-factory.com
lordlibidan.com
www.pinterest.com
ystageman.blogspot.com
nortiker.deviantart.com

Naila Conita

Post A Reply

Translate »