Wawasan: Aliran Desain dalam Sejarah Desain Part 2

cyprus-1205986_1920

Bagi seorang desainer, memiliki ciri khas dalam visualisasi desain adalah sebuah nilai tambah tersendiri. Selain untuk spesialisasi juga sebagai pembeda dengan desainer lain. Beberapa gaya desain yang dipakai oleh desainer masa kini sedikit banyak terpenagruh dengan aliran desain yang sudah ada sejak dulu. Berikut ini beberapa aliran desain yang cukup berpengaruhd alam sejarah desain :

1. Art Deco
Ornamen dan dekorasi permukaan teraspirasi dari konsep art nouveau tetapi menggabungkan dengan bentuk geometri dan betukan mesin. Bentukan garis-garis yang kuat, hiasan, akdang-kadang menggunakan sentuhan akhir yang berkilat kilat, banyak ornamen tulisan, pembatas-pembatas (borders), sudut-sudut (corners).

2. Pop Art
Bentuk didapat dari desian grafis kemasan, tanda-tanda (signs), papan iklan (billboard),  perusahaan iklan, berbagai teknik membuat barang tiruan secara komersial.

WAWASAN 2

3. De Stijl
Kelompok ini bergaya ketepatan pembagian ruang, menyukai bentukan yang sederhana, bentuk-bentuk dasar, warna-warna printer, typography yang asimetris. Paham ini memberikan banyak pengaruhnya kepada bauhaus, gaya yang mendunia (internatuional style) dan grafis Swiss (Swiss Graphis).

4. Op Art
Paham ini penuh dengan ilusi, bermain-main dengan bidang warna, optic, grid daigram juga menyukai tentang pholosophy warna.

5. Psychedelic
Paham ini menggabungkan antara tipe, ilustrasi, foto berwarna, penuh dengan poster-poster dan terpengaruh dari gaya atau paham seni Art Nouveau.

6. Minimalism
Paham ini sangat memperhatikan bentukan 2 dan 3 dimensi ruang dengan jaring-jaring tipis design yang merupakan unsur paham ini, grid dan penuh perhitungan sehingga gaya paham ini dikenal dengan “less is more”. Terkesan intelektual, abstrak dan structural.

Daftar Pustaka :
Pusat pengembangan bahan ajar Universitas mercubuana, Rommy Budiman, S.Sos, 17 April 2014

Gambar :
www.pinterest.com
picterest.info
www.posterlounge.co.uk
coolmaterial.com

Naila Conita

Post A Reply

Translate »