Pingin Bisnis Tapi Nggak Punya Duit? Nih Baca!

trouser-pockets-1439412_1280

Tidak punya modal bukan berarti tidak bisa mulai berbisnis lho. Kamu masih punya beberapa opsi untuk mulai berbisnis meski nggak punya modal atau punya modal tapi minim. Tapi itu semua tergantung dari skill, etos kerja, dan kemampuan marketing yang kamu miliki.

Menurut Chris Guillebeau, pengarang dari The $100 Startup, “Untuk sukses dalam suatu bisnis, khususnya di bidang yang kamu sukai, cobalah berpikir secara hati-hati tentang semua skill atau kemampuan yang sekiranya berguna untuk membantu orang lain dan kombinasi dari skill-skillmu”

Jadi kalau kamu minim modal tapi ingin memulai bisnis, simak 3 cara ini:

1. Buat Karya Tangan DIY (Do It Yourself)

Yups, membuat karya tangan memang butuh modal di awal, tapi produk tersebut dapat kamu jual dengan harga berkali-kali lipat melebihi modal awal. Apa yang ingin kamu buat tergantung dari keahlian kamu, kalau ingin mencari inspirasi atau belajar cara membuat barang, coba kunjungi situs Lifehacker atau lihat video tutorial di Youtube.

2. Menjadi Re-Seller

Jika kamu merasa nggak bisa membuat karya tangan atau kamu merasa kurang kreatif, cobalah menjadi re-seller dari produk-produk yang sudah ada. Ada dua cara untuk menjadi re-seller :

  • Drop-shipping: Hanya dengan bermodal smartphone dan kuota internet kamu sudah bisa buka toko online lho. Yang harus kamu lakukan hanyalah memasarkan produk yang ingin kamu jual, untuk urusan pengiriman dan packing semua dilakukan oleh partnermu. Ingin menjadi dropshipper? Coba cari barang yang ingin kamu jual di Kaskus, Tokopedia, atau Bukalapak.
  • Grosir: Memang membutuhkan modal di awal, tapi biasanya harga yang didapatkan jauh lebih murah daripada menjadi drop shipping.

3. Jual Jasa

Salah satu cara untuk berbisnis minim modal adalah dengan menjual keahlian daripada produk fisik. Banyak sekali jasa yang bisa kamu tawarkan, entah itu programming, menulis, design, konsultasi dan lain-lain. Selain bisa memasarkan dan menawarkan keahlianmu, kamu juga bisa cari kerjaan yang sesuai dengan keterampilanmu di situs freelance dalam negeri, Projects. Atau kamu bisa membuat website sendiri berisi portofolio yang pernah kamu buat.

Nah, cukup mudah kan untuk memulai bisnis tanpa uang? Selamat mencoba!

Fany Puspita

Post A Reply

Translate »