Mengenal CMS WordPress untuk websitemu

wordpress-589121_1280

WordPress merupakan salah satu Content Management System yang sering digunakan oleh banyak orang untuk membuat sebuah website. Selain mudah digunakan dan dokembangkan, wordpress juga mempunyai komunitas yang besar. WordPress sangan spesial karena template dan sistem bisa kita ubah sendiri tanpa mempengaruhi core sistem dari cmsnya. Dalam wordpress kamu bisa manajemen template untuk website kamu, di sisi lain untuk sistem wordpress menawarkan plugin untuk sistem yang kamu inginkan, semuanya tinggal di install dan sudah tersedia.

WordPress merupakan software opensource yang di bangun menggunakan PHP, untuk frontend wordpress menggunakan CSS, HTML, dan Javascript. WordPress mempunyai fasilitas permalink yang sangat ramah dengan SEO sehingga sangat bagus untuk web anda ketika terindex oleh search engine. Fungsi utam,a wordpress adalah sebagai blog yang menyediakan informasi kepada user. CMS wordpress juga banyak digunakan oleh situs ternama dunia misal  CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya.

Untuk pembuat web pemula sangan cocok belajar menggunakan CMS ini apalagi anda tidak ada basic di IT. Secara user experience wordpress menawarkan fasilitas yang mudah dipahami untuk orang awam. Proses instalasi pun tidak perlu mengharuskan anda untuk mempunyai hosting dan domain terlebih dahulu, anda bisa melakukan instalasi dan konfigurasi CMS wordpress di local komputer anda setelah itu baru dipindah ke hosting dan domain.

Bagi kamu yang belum mengerti bagaimana cara instalasi wordpress, kami memiliki tutorial agar kamu bisa mencoba wordpress di local komputermu. Berikut langkah-langkah instalasi wordpress di localmu secara sederhana :

  1. Download dan Install Xampp
    Xampp merupakan sebuah software untuk web server yang bisa kamu gunakan di komputermu sendiri, software ini juga merupakan salah satu tool untuk membuat website. Selain sebagai web server lokal, software ini juga digunakan sebagai pengatur basis data (database) dengan antarmuka website dengan sistem yang disebut phpMyadmin. Langkah pertama, download xampp dari link berikut. Setelah terdownload lalu klik 2 kali pada installer lalu install.Setelah selesai instalasi, silahkan jalankan xampp, pastikan apache dan mysql memiliki warna hijau yang artinya servis dari keduanya sudah berjalan.
    php1
  2. Download WordPress dan siapkan di lokal server
    Untuk mendownload CMS ini silahkan buka link berikut. Setelah terdownload, extract semua file dalam zip ke sebuah folder, misal nama folder wordpress.Setelah itu copykan ke folder htdocs yang digunakan oleh server untuk me-load semua file php wordpress anda. Untuk windows silahkan dicari di Dive C -> xampp -> htdocs. Untuk Mac silahkan temukan di Application -> XAMPP -> htdocs.Sekarang buka browser anda lalu ketikkan localhost/namafolder, misalkan : http://localhost/wordpress, maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.
    tahap1Setelah itu klik continue, lalu akan muncul panduan agar anda menyiapkan database dan keperluan lain untuk instalasi wordpress di lokal anda.
    tahap2Lalu klik Let’s go!
  3. Konfigurasi database
    Sebelum kita meneruskan instalasi kita siapkan dulu database untuk wordpressnya. Pertama buka pada browser http://localhost/phpmyadmin maka akan muncul seperti gambar di bawah ini :
    db1klik New untuk membuat database baru
    db2Setelah itu isikan nama database dan klik create
    db3jika database berhasil dibuat maka akan muncul seperti tampilan diatas. Sekarang kembali ke instalasi, setelah klik Let’s go! pada poin 2 maka akan muncul seperti tampilan di bawah ini
    tahap3

    isikan nama database yang sudah dibuat dan isi username dengan root, dan password kosong. Setelah itu klik submit.
    tahap4

    Lalu klik Run the install.

  4. Konfigurasi akun website dan Title website
    Setelah klik Run the install pada poin 3 maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini
    tahap5Isikan title untuk blog anda, username, password dan email. Lalu klik install WordPress.
    tahap6Jika berhasil akan muncul tampilan diatas, klik login untuk mencoba halaman admin pada blog anda.
    tahap7Masukkan username dan password yang sudah dikonfigurasi, lalu klik log in. Jika sukses maka anda akan masuk halaman admin seperti gambar di bawah ini.
    tahap8

Proses instalasi pun selesai, sekarang anda bisa melakukan konfigurasi template dan plug-in untuk kebutuhan website anda. Jika konfigurasi di lokal berhasil ada bisa memindahkan ke online pada hostingan anda dengan konfigurasi lagi sesuai pada hosting anda.

Aulia Arif Wardana

Post A Reply

Translate »