Material Design Pada Android

matandro2

Seperti pada postingan sebelumnya tentang material design yang merupakan sebuah konsep baru untuk mendesain UI. Konsep ini memiliki panduan khusus untuk membuat UI yang baik sesuai style dari material design itu sendiri. Salah satu platform yang sangat baik untuk diterapkan dari konsep material desain adalah mobile. Platform ini sangat banyak diminati banyak orang di dunia karena sangat mudah untuk dibawa kemana saja. Aplikasi untuk platform mobile pun sekarang berkembang pesat, seperti aplikasi edukasi, makanan, transportasi, ecommerce, dan lain sebagainya.

Salah satu sistem operasi yang sangat banyak digunakan adalah Android, kita tahu sistem operasi ini banyak sekali digunakan di indonesia. Dilihat dari statistik pada playstore aplikasi yang diunduh dan di publish oleh developer sangatlah cepat dan besar perkembangannya. Tetapi bagaimana dengan kualitas UI dan UX yang disajikan kepada para penggunanya, hal ini menjadi sorotan penting yang harus dikaji ulang oleh para developer. Banyak aplikasi yang ada di playstore tidak memperhatikan kenyamanan pengguna pada aplikasinya. Hal ini menjadikan banyak sekali aplikasi yang menumpuk di playstore dengan kualitas UI dan UX yang sangat rendah.matandro1

Material design diciptakan untuk menanggunalngi aplikasi yang membuat pengguna tidak nyaman. Pada android studio ketika kita membuat sebuah project baru maka material design ini sudah menjadi dasar tampilan dari aplikasi yang akan kita buat. Pada aplikasi android anda bisa merujuk pada link berikut untuk mengenal lebih jauh tentang material design pada android. Resource yang disediakan oleh google untuk material design pada android juga bisa kamu temui disini, mulai color palete, layout templates, font, icon, dan lain sebagainya isa kamu download dan pelajari untuk mendukung rancangan UI dan UX anda pada saat proses wireframing.

Secara teknis di salah satu repository code opensource terbesar di dunia yaitu github juga banyak tersedia tentang material design ini. Salah satu resource besar tentang material design ini adalah pada link berikut. Repository ini didukung komunitas programer opensource dari berbagai penjuru dunia yang fokus mengembangkan material design pada android baik itu animasi, grafis, typography, layout, atau tampilan lainnya. Anda bisa menggunakan resource dari repository ini untuk menambah daya tarik dari UI yang anda buat. Banyak variasi animasi, style layout, dan design yang bisa anda dapatkan di luar tampilan default yang disediakan oleh android studio.

Aulia Arif Wardana

Post A Reply

Translate »