Branding Bisnismu dengan Website

businessman-1356063_1920

Branding dalam bisnis sangatlah penting untuk meningkatkan penjualan produk atau penggunaan jasa anda, terlebih di era digital seperti saat ini. Media promosi digital sangatlah diminati oleh hampir semua orang, salah satunya adalah website. Media digital ini merupakan branding yang sangat populer karena jikalau kita berkata tentang internet maka tidak akan lepas pula dari website. Kita mengenal juga tentang digital marketing yang dipengaruhi oleh rank dari search engine yang biasa disebut dengan SEO.

Sebuah branding yang baik tentulah mempunyai pencitraan bisnis yang digeluti dalam berbagai hal, ini berpengaruh terhadap konsistensi merek. Begitu juga dengan branding yang dilakukan melalui website, banyak bisnis yang dilakukan melalui media sosial tetapi, pebisnis harus tetap mempunyai website sendiri agar menciptakan kesan yang baik di mata konsumennya. Sosial media hanyalash salah satu media untuk promosi saja, jangan dijadikan sebagai web utama.macbook-624707_1920Bagaimanakah mnentukan kriteria website yang baik, berikut beberapa tips dari tim editor agar website anda menjadi website yang bagus untuk branding sebuah bisnis.

  1. Perhatikan Konten Teks dan Gambar
    Konten di sini dapat berhubungan dengan berbagai hal, namun biasanya yang paling utama adalah teks dan gambar. Dalam membuat sebuah konten untuk website, perhatikan teks atau gaya penulisan anda. Usahakan untuk menulis dengan bahasa formal yang baik dan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Memang hal ini tidaklah wajib tetapi karena anda juga dapat menggunakan bahasa yang non-formal asalkan itu masih baik dan informatif. Selain tulisan, anda juga perlu memperhatikan dalam hal posting gambar. Pilihlah gambar dengan kualitas baik untuk produk anda. Jangan terlalu banyak melakukan proses editing pada gambar karena itu akan membuat produk menjadi terlihat banyak dimanipulasi, dan akhirnya malah berujung kekecewaan dari konsumen karena foto dan produk aslinya ternyata berbeda.
  2. Jangan Hanya Memuali Percakapan
    Dalam setiap website pasti dicantumkan juga sosial media terkait. Sosial media memiliki satu prespektif yang sangat penting yang dapat menjadi kekuatan untuk melakukan brand pada bisnis Anda, yaitu dengan percakapan. Sosial media merupakan alat untuk membangun hubungan yang efektif. Cara yang dipakai dalam melakukan branding melalui media yang lama dan media yang baru tidak berubah, tapi tentu saja permainan branding saat ini menjadi lebih menarik dan lebih baik lagi. Memiliki facebook dan akun twitter saja tidaklah cukup. Anda harus berpartisipasi dalam sebuah percakapan dengan memberikan postingan yang regular, serta membalas pesan yang ditujukan langsung kepada Anda dari pelanggan. Memonitoring sosial media saat ini menjadi hal yang harus dilakukan setiap perusahaan. Sosial media telah sedikit banyak menjadi tolak ukur masyarakat terhadap pencitraan perusahaan. Selain itu, sosial media juga berguna bagi perusahaan untuk mengetahui isu yang ada di pasaran. Maka, aktif dan terlibatlah di sosial media.
  3. Desain dan Layout (Logo, Background, Coloring)
    Di bandingkan dengan blog, website biasanya memiliki tampilan yang lebih baik dilihat dari desain dan layoutnya. Di sinilah keunggulan jika anda menggunakan website, sebab anda dapat dengan mudah memilih dan membuat desain sendiri sesuai dengan tampilan yang anda inginkan. Buatlah desain dan layout yang sesuai dengan produk yang anda jual. Misalnya, anda adalah penjual mainan anak-anak maka anda dapat membuat desain dan layout dengan menggunakan perpaduan warna yang lebih variatif dan full color. Atau sebaliknya, jika anda menjual produk kaos metal yang biasanya lebih banyak didominasi warna hitam maka anda dapat menggunakan warna gelap sebagai backgroundnya.
  4. Fokus Pada Branding Perusahaan bukan Personal
    Saat Anda memiliki perusahaan, fokuslah pada pencitraan perusahaan Anda, bukan diri Anda. Mungkin saja Anda memiliki 10.000 follower pada twitter, tapi hal itu tidak berarti untuk pelanggan Anda. Kecuali Anda dalam bisnis public speaking atau entertainment, memfokuskan diri pada branding personal tidaklah bijak, dan akan menjadi gangguan besar bagi Anda untuk melakukan branding perusahaan Anda.
  5. Halaman yang Informatif (profil perusahaan, testimonial, kontak)
    Ini merupakan bagian yang penting dalam membuat sebuah bisnis. Anda harus memberikan kejelasan mengenai profil perusahaan anda untuk menunjukkan keprofesionalan dari bisnis yang anda jalankan. Namun pada bagian profil ini, tidak perlu anda jelaskan secara berlebihan karena pembaca justur akan bosan. Selain profil perusahaan, anda juga dapat memasukan testimonial untuk membangun kepercayaan dari calon konsumen baru anda. Masukkan testimonial sejujur mungkin dan jangan sedikitpun melakukan manipulasi. Kontak juga bagian terpenting yang tidak bisa anda abaikan, berikan kontak yang lengkap untuk bisnis anda dan lakukan respon yang cepat.
  6. Integrasi Sosial Media
    Mengintegrasikan sosial media dengan website Anda dapat memberikan koneksi yang lebih baik, dan meningkatkan traffic website Anda. Anda harus memiliki komitmen yang besar untuk membuat website Anda berkualitas untuk dikunjungi. Berikanlah tombol “like” dari facebook, atau tarulah bagian untuk blog, dan hubungkanlah website Anda dengan link-link media sosial yang ramai digunakan saat ini.
  7. Tunjukkan Pekerjaan Terbaik Anda
    Dalam situasi sekarang ini, hal yang terpenting dalam brand adalah hubungan dan kepercayaan. Dengan gol tersebut, tidak ada cara yang lebih baik untuk menjaga hal tersebut selain dengan melakukan postingan testimonial atau daftar klien-klien besar yang pernah berhubungan dengan perusahaan Anda. Hal ini akan meberikan kredibilitas yang besar untuk perusahaan Anda. Anda mungkin juga dapat memikirkan untuk bekerja sama dengan perusahaan terkait dan memasukan logo mereka dalam halaman Anda, untuk menambah elemen visual. Memberikan daftar penghargaan yang pernah diterima perusahaan juga merupakan salah satu cara branding yang baik.
  8. Gunakan Aplikasi Tambahan.
    Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan membangun branding yang kuat adalah melalui email marketing. Email marketing dapat anda gunakan untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan secara lebih personal. Selain itu, anda juga dapat mengirimkan berbagai penawaran melalui email tersebut. Dengan melakukan sinkronisasi email marketing dengan website anda, maka segala proses interaksi yang terjadi laporannya akan segera masuk ke email anda. Jadi, anda akan lebih mudah dalam melakukan transaksi dengan pelanggan.

Sumber : http://startupbisnis.com/peraturan-baru-dalam-branding-bisnis-online-anda/

Aulia Arif Wardana

Post A Reply

Translate »