Pure CSS : CSS dengan minimal footprint

logo_pure@2x

Cascading Style Sheet atau yang sering disingkat CSS merupakan aturan untuk mengatur beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. CSS merupakan jantung dari keindahan sebuah website, nilai kreatif UI dari sebuah website sangat tergantung pada CSS ini.

Salah satu CSS library yang bisa anda gunakan untuk project website anda adalah Pure CSS. Library CSS ini sangat kecil dan bisa memenuhi kebutuhan anda untuk layouting sebuah website. Pure CSS mempunyai komponen serta aturan layouting yang sudah tersedia, anda tinggal menggunakan di website anda serta menambahkan unsur kreative berupa design untuk melengkapinya. Untuk tampilan mobile Pure CSS juga mendukung model responsive seperti bootstrap.

Getting Started

Untuk memulai menggunakan pure css pada project anda bisa menggunakan link via CDN, dengan syntax sebagai berikut :

jika anda ingin mendownload file source dari CSSnya silahkan klik link berikut.

Layouts

Pure CSS menyediakan beberapa sample layout untuk digunakan user pada projectnya. Hasilnya pun tidak kalah dengan bootstrap, kerennya lagi anda tidak membutuhkan javascript dan sudah mendukung tampilan responsive. Berikut beberapa samplenya :

  1. Blog
    blog@2x
  2. Email
    email@2x
  3. Photo Gallery
    gallery@2x
  4. Landing Page
    marketing@2x
  5. Pricing Table
    pricing@2x
  6. Responsive Side Menu
    side-menu@2x
  7. Responsive Horizontal-to-Vertical Menu
    tucked-menu-vertical@2x
  8. Responsive Horizontal-to-Scrollable Menu
    tucked-menu@2x

Component

Seperti CSS library pada umumnya pure css juga memiliki component yang biasa digunakan dalam penbuatan UI dari sebuah website seperti Grids untuk layouting, Forms untuk input style, Buttons untuk tampilan tombol, Tables untuk styling tabelnya, Menus untuk styling custom menu yang sudah dibuat oleh pure css. Komponen tersebut sudah disediakan oleh pure css dan bisa langsung anda gunakan pada project anda untuk mempermudah kinerja anda.

Tools

Pure CSS bisa diinstall menggunakan beberapa tools. Untuk rekomendasi dari pure css, tool yang digunakan adalah Bower .

Sedangkan tools untuk minify dan uglyfy bisa menggunakan grunt ataupun rework, seperti pada link berikut.

Itulah beberapa review kami mengenai Pure CSS, selain ukurannya yang kecil, CSS ini juga simple dan mudah untuk diterapkan pada project anda. Design idak kalah stylish dengan CSS library lainnya.

Aulia Arif Wardana

Post A Reply

Translate »