Berkenalan dengan Frontend Framework Angular JS

angularjs_himifda

AngularJS adalah front-end framework untuk javascript yang dikembangkan oleh Google. Dengan fitur-fitur powerful dari AngularJS, proses development bisa menjadi jauh lebih singkat. Framework ini mendukung konsep single page application (SPA) dimana sering dipakai pada web application. AngularJS merupakan sebuah javascript framework buatan tim Google yang mengusung pola MV*. Framework ini opensource dan free to use serta di dukung oleh ribuan developer yang ikut serta dalam pengembangan framework ini.

Basic

Berikut adalah code basic untuk angular js

Data Binding

Data-binding adalah cara melakukan update otomatis pada view ketika apapun yang ada di model berubah, serta memperbarui model ketika ada perubahan pada view. Ini bagus karena menghilangkan manipulasi DOM dari hal-hal yang anda khawatirkan.

Controller

Controler adalah proses dibelakang DOM. AngularJS memungkinkan anda untuk menjalankan proses dengan bentuk yang clean readable tanpa boilerplate untuk memperbarui DOM, mendaftar callback atau melihat perubahan model.

Plain Javascript

Tidak seperti framework lain, tidak ada kebutuhan untuk inherit dari jenis proprietary untuk membungkus model dalam metode accesor. Angular model seperti pada Javascript yang lama. Hal ini membuat kode Anda mudah untuk diuji, dipelihara, reuse, dan bebas dari boilerplate.

index.html

todo.js

todo.css

Ini adalah sedikit pengantar tentang angular js jika tertarik untuk mencoba kunjungi link berikut.

Aulia Arif Wardana

Post A Reply

Translate »