10 Plugin WordPress yang Harus Kamu Install

creating-a-wp-plugin

WordPress merupakan CMS free yang mempunyai kemudahan dalam mengoperasikannya, selain template wordpress juga menyediakan fasilitas plugin agar website anda memiliki sistem yang lebih interaktif, secure, dan useless ketika digunakan oleh user. Pada postingan kali ini tim editor akan memberikan 10 plugin wordpress yang wajib kamu install. Plugin lebih fokus kepada SEO (Search Engine Optimizer), Security, dan modul yang biasanya digunakan untuk kebutuhan user yang melihat situs anda.

  1. All in One Seo Pack
    Plugin ini merupakan modul untuk SEO website anda. SEO adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster pada sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari, terutama Google. Pada wordpress anda tinggal menginstall plugin ini saja.
  2. Rename wp-login.php
    Security dari wordpress adalah hal utama yang harus diperhatikan, salah satu celah keamanan dari wordpress adalah pada login pagenya. Pada wordpress login page sering menjadi pintu utama serangan security, mulai brute force, sniffing, dan serangan lain. Untuk itu salah satu solusinya adalah merubah nama url login yang mana mempunyai default url, dengan begitu para hacker tidak akan mengetahui nama url login anda. Silahkan install plugin ini untuk menyembunyikan dan mengganti nama url login website anda.
  3. Contact Form 7
    Setiap website pastinya memiliki halaman contact sebagai media untuk mendengarkan pesan dari user atau pembaca kepada tim editor atau admin dari sebuah website. Pada wordpress anda dapat menginstall plugin ini, selain itu input user bisa di konfigurasi sendiri sesuai kebutuhan data yang ingin anda dapat.
  4. WP Statistics
    Statistik sebuah web tentunya sangat penting untuk dimonitoring, mulai dari kunjungan, postingan terpopuler, halaman yang sering dikunjungi dan lain sebagainya. WP Statistic bisa memberikan informasi itu ada anda, selain itu anda bisa memonitoring by time.
  5. Adminimize
    Plugin ini merupakan modul untuk mengatur tampilan backend atau halaman admin dari admin sebuah website yang dibuat dari wordpress. Selain itu menu pada halaman admin juga bisa diatur, mana yang harus ditampilkan mana yang tidak, bisa diatur sesuai user role. Mengganti icon logo default dari wordpress dan tulisan footer dr wordpress juga bisa diganti.
  6. Social Media and Share Icons (Ultimate Social Media)
    Media sosial merupakan sarana untuk omo gratis website anda. Di media sosial anda bisa membagikan konten menarik pada website anda agar dilihat banyak orang, biasanya pembaca yang suka dengan konten anda akan membagikan di akun sosial media mereka. Plugin ini akan muncul di akhir post ketika diinstall.
  7. YouTube
    Plugin ini menjadi pelengkap postingan, dimana konten tidak hanya berupa teks dan image tapi juga video. Permasalahan setiap blog untuk video masih terlalu besar jika di tambahkan di lokal server mereka. Anda bisa menggunakan youtube sebagai video hosting untuk konten anda dan dengan plugin ini kamu bisa gunakan untuk meng-embed player youtube pada postingan website kamu.
  8. BackUpWordPress
    Kehilangan file yang ada di hostingan merupakan sesuatu yang harus dicegah, apa lagi jika seorang hacker masuk dan merusak website anda. Plugin ini bisa membantu anda untuk melakukan backup otomatis semua file dan konten yang ada pada website dengan CMS wordpress.
  9. Kraken Image Optimizer
    Untuk meminimalisir trafik yang besar dari gambar yang diakses user maka plugin ini adalah solusinya. Kraken akan melakukan convert otomatis kepada gambar anda ketika website diakses oleh user sehingga website anda bisa diakses dengan cepat.
  10. Custom Login
    Plugin ini untuk mengganti tampilan login anda, dimana bisa lebih stylish dan keren. Jika anda memiliki beberapa user yang mengharuskan login, plugin ini menjadi pilihan tepat untuk membuat tampilan login anda semakin bagus.
Aulia Arif Wardana

Post A Reply

Translate »