Mengenal Unity untuk Aplikasi Game

maxresdefault

Unity adalah salah satu game engine yang tersedia dalam versi berbayar atau gratis. Game engine ini dapat membuat game dengan tampilan 2D dan 3D. Bahasa pemrograman yang digunakan menggunakan C#.Unity merupakan cross platform game engine yang dapat digunakan untuk mengembangkan game dalam bentuk PC, Console, Mobile Devices, Website. API yang di dukung oleh unity adalah Direct3D pada Windows dan Xbox 360, OpenGL pada Windows dan Mac, OpenGL ES pada Android dan IOS, dan API milik game console.

Pada tahun 2012  banyak developer menggunakan game engine ini untuk membuat game atau aplikasi di bidang industri kreatif dengan jumlah developer sebanyak 1,3 juta developer. Pada unity plugin yang bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi sangatlah banyak, seperti in app-purchase, compressing tool, atau tool lain yang memudahkan developer karena sudah di embed pada sebuah plugin, developer hanya tinggal setting saja. Untuk urusan grafik unity memakai asset dari luar, jika anda ingin mengembangkan 2D anda bisa menggunakan software digital imaging semacam Adobe Photoshop atau Gimp dan software illustration seperti Adobe Illustrator, Inkscape, atau Corel Draw untuk mengembangkan asset immage 2D. Untuk asset dalam bentuk 3D anda bisa menggunakan Blender atau 3d Max.

Bagi kalian yang mempunyai game studio game indie atau startup di bidang industri digital kreatif, unity bisa menjadi engine yang bisa dipertimbangkan untuk produk anda. Anda bisa memakai versi free dengan catatan ada spalsh screen unity pada awal produk. Plugin yang free pun juga banyak, dan bisa anda pakai untuk mengembangkan produk anda.

Berikut Preview Game Development Walkthrough dari Unity untuk Game 2D

Aulia Arif Wardana

Post A Reply

Translate »