Bagaimana cara menjelaskan UX kepada Team ?

office-1209640_640

Tidak seperti peran lain dalam startup atau perusahaan teknologi berukuran menengah, peran desainer UX masih belum jelas banyak. Terlebih itu menjadi divisi baru pada perusahaan tempat anda bekerja. Jika Anda adalah orang baru di startup misalnya, tantangan pertama anda akan menjelaskan peran anda ke seluruh tim, serta nilai anda akan membawa kepada perusahaan dalam hal peningkatan kualitas dari produk ketika anda berada disana. Tidak hanya itu, anda mungkin akan menemukan beberapa kebingungan atas apa peran anda dalam tim untuk menjelaskan perbedaan pekerjaan anda dari desain grafis, desain UI, dan pemrogramer web. Posting ini bertujuan untuk menunjukkan cara untuk berbicara tentang desain UX dengan tim baru anda, serta bagaimana menjelaskan peran dan peran UX untuk tim anda dalam istilah awam.

Apakah UX itu ?

User Experience (UX) adalah itu proses membuat sebuah website atau aplikasi yang kamu buat menjadi mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan ketika digunakan oleh pengguna. UX Desainer merupakan hal yang baru dan tidak banyak perusahaan memperhitungkan posisi anda. Anda harus bisa menjelaskan secara teknis bahwa pekerjaan anda berbeda dengan desainer grafis dan programer UI.

Bagaimana menyampaikan itu kepada Team ?

Seorang desainer UX ingin pengguna mereka untuk mencapai tujuan mereka, atau memungkinkan pengguna untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan cara termudah dan paling menyenangkan. Pertama, itu berarti mengetahui siapa orang-orang yang ingin menggunakan produk atau yang menggunakan produk serupa (yang dapat anda temukan melalui penelitian pengguna) sehingga kebutuhan dan harapan mereka dapat melayani.

Selanjutnya, desainer UX membuat desain dengan semudah mungkin bagi orang-orang untuk mencapai tujuan mereka (semua yang menggabungkan kegunaan, arsitektur informasi, navigasi, pengujian). Setelah ini tercapai, tujuan bisnis dari produk juga dicapai.

Dengan siapa anda akan bekerja ?

Untuk memberikan tim Anda gambaran tentang apa yang dapat mereka harapkan dari anda sebagai UX Designer, berikut bisa menjadi uraian untuk dijelaskan kepada tim yang akan bekerja dengan anda:

Project Manager — Menguraikan tujuan dari proyek, waktu pelaksanaan, sumber daya, anggaran.
UI Designer — Desain elemen antarmuka yang sebenarnya bahwa pengguna berinteraksi dengan untuk mencapai tujuan dalam produk.
Developer — Membangun produk dari desain yang Anda buat, memperkirakan apa yang akan dan tidak akan mungkin dalam waktu yang diberikan.
Marketer — Passes informasi penting tentang personas pengguna ke tim pemasaran sehingga mereka dapat menghasilkan konten yang menarik orang-orang yang ingin membeli produk Anda.

Apa yang akan anda kerjakan ?

Anda adalah perancang UX yang lebih dekat dengan proses wireframing dan membuat produk agar lebih nyaman digunakan oleh user. Jangan mengerjakan pekerjaan lain seperti programing, desainer grafis, content writer, ataupun customer service.

Itu lah beberapa hal yang harus anda jelaskan tentang pekerjaan anda ke dalam team. Bagaimana menyampaikan bahwa UX ini sangat penting karena berkaitan dengan kenyamanan pengguna dari produk yang dibuat.

Aulia Arif Wardana

Post A Reply

Translate »