Frontend Framework Angular 2.0

angular2

Angular 2.0 merupakan pengembangan baru dari Angular 1.0 yang sebelumnya menggunakan javascript dan sekarang menggunakan typescript. Perbedaan signifikan ini sangat mempengaruhi performance dan kemudahan developer dalam menggunakan framework ini. Typescript adalah bahasa pemrograman berbasis JavaScript yang menambahkan fitur strong-typing & konsep pemrograman OOP klasik ( class, interface). Di dalam dokumentasinya, TypeScript disebut sebagai super-set dari JavaScript, artinya semua kode JavaScript adalah kode TypeScript juga. Bahasa pemrograman ini menawarkan class, module, dan interface yang membuat developer bisa mengembangkan aplikasi kompleks dengan lebih mudah. Hal inilah yang membedakannya dengan javascript.

Pengembangan untuk semua platform

Angular 2 dapat digunakan untuk mengembangkan web apps dengan target deploymment multi platform, setain itu mendukung responsive untuk ukuran semua layar.

Speed Performance

Angular 2 memiliki kecepatan yang lebih dari angular 1.0, ini berarti web yang akan anda develop dengan framework ini akan jauh lebih cepat. Framaework ini mendukung server-side rendering.

Tool yang memudahkan

Kamu bisa menggunakan angular 2 dengan deklarasi yang mudah, menggunakan helper yang sudah ada pada IDE. Kamu juga bisa mengextend template bahasa dengan komponen yang telah kamu buat. Semuanya fokus untuk membuat sebuah aplikasi yang bagus, bukan mencoba membuat code bekerja.

Getting Started

Untuk memudahkan dalam menggunakan angular 2 anda bisa menggunakan package manager npm. Pastikan versi dari node anda adalah 4.x.x dan versi npm adalah 3.x.x

Buatlah file dengan susunan sebagai berikut :

Setelah itu buat file masing-masing berikut :

app/app.component.ts

app/main.ts

index.html

package.json

style.css

systemjs.config.js

tsconfig.json

typings.json

Setelah semua selesai anda bisa menggunakan perintah

untuk menjalankan semua asset yang telah di build. Untuk lebih jelas proses awalnya anda bisa mengikuti link ini.

 

Aulia Arif Wardana

Post A Reply

Translate »