Moderen UI Trend untuk E-commerce

e-commerce-1606962_1280

Hampir semua orang saat ini mengenal dan familiar dengan kata online shop, banyaknya startup yang berkembang di indonesia salah satunya dari sektor E-commerce. Online shop adalah toko online yang mempermudah masyarakat untuk mendapatkan barang-barang yang mereka cari atau inginkan. Hanya dengan membuka internet atau hape saja kita bisa belanja tanpa harus keluar rumah.

Kali ini kita akan mengulas mengenai UI dari online shop itu sendiri, mulai dari item-item pentingnya seperti shopping carts, checkout pages, search bars dan lain-lain. Lalu bagaimanakan kondisi desain terkini saat ini untuk style UI dari online shop itu sendiri, mari kita simak.

Homepage Toko yang Detail

Homepage website harus memberikan kesan pertama yang megah. Tata letak, warna, dan konten harus meninggalkan kesan yang wow dalam pikiran setiap pengunjung. Bisa dibilang lebih penting daripada komposisi halaman secara keseluruhan. Gagasan ini mempunyai peran yang besar ketika mendiskusikan toko e-commerce.

zazzle-shop-categories-listing

Pikirkan tentang hal ini dari sudut pandang Anda sendiri: Anda duduk di meja Anda untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan dan menemukan diri Anda browsing di web selama beberapa menit atau jam, Anda tahu bagaimana kelanjutannya.

Pokoknya Anda tersandung ke situs web yang besar dan sepertinya mereka menjual sesuatu yang keren tetapi Anda tidak bisa mengetahuinya segera. Atau mungkin Anda melihat foto produk pada halaman tetapi Anda masih tidak tahu apa yang dilakukannya. Desain homepage dengan visual dan bahan referensi sangat bagus untuk memberikan pengunjung kesan pertama yang informatif.

List Kategori yang Besar

Berikut adalah ide yang cukup sederhana, Anda mungkin sering menggunakan campur aduk item pada olshop anda. Ini adalah metode penjelajahan bagi pengunjung tanpa ketergantungan penuh pada menu navigasi. Pada dasarnya Anda akan membagi setiap item ke dalam kategori dan subkategori yang kemudian terdaftar pada satu halaman.

Anda harus mencoba ide-ide yang berbeda atas dasar kasus per kasus untuk melihat apa yang terbaik. Untuk membangun kategori dan daftar produk, lalu berpikir tentang berapa banyak produk total akan ditawarkan di situs tersebut dan menghitung nilai potensial pada halaman tersebut.

Navigasi yang Luas

Ketika Anda sedang merancang sebuah situs web yang penuh sesak dengan informasi, Anda perlu untuk menggunakan beberapa siasat dengan navigasi. Pengunjung jelas ingin menemukan apa yang mereka cari dengan cara yang ringkas dan cepat. Kita bisa menggunakan link header navigasi besar saat pengunjung melihat situs anda. Menu dropdown dirasa cukup tren dan populer.

caliroots-ecommerce-dropdown-meganav

Singkat menciptakan tata letak khusus seluler atau pengerjaan ulang menu untuk berisi link lebih sedikit itu akan sulit untuk mendesain ulang menu besar ini agar sesuai layar smartphone kecil … tapi menurut saya itu akan menjadi layak usaha untuk melakukannya.

Info Produk yang Dinamis

Halaman produk individu seringkali menjadi bagian paling rumit dan berantakan untuk setiap situs web e-commerce. Ada begitu banyak elemen yang perlu dipertimbangkan seperti harga barang, kuantitas, foto produk, ulasan, warna atau ukuran untuk pakaian, dan banyak kualitas yang sama.

Membuat halaman produk dinamis adalah cara paling sederhana dan cocok untuk semua informasi ditampilkan bersama-sama dan membuatnya lebih mudah dipahami oleh pengunjung. Konten dinamis juga termasuk secara otomatis memperbarui harga untuk jumlah non-tunggal atau menampilkan beberapa foto dari titik pandang yang unik untuk benar-benar menjual masing-masing produk.

joco-cup-product-page-listing

Kesederhanaan harus menjadi faktor desain yang pertama sedangkan konten adalah yang kedua dan estetika yang ketiga. Ketiga faktor tersebut penting untuk membangun halaman produk yang indah dan bermanfaat. Scrolling ke bawah sedikit pada halaman, Anda akan melihat tab dinamis untuk beralih antara detail produk, rincian garansi, dan perkiraan pengiriman. Tab UI juga dapat mencakup tinjauan atau aksesori yang terkait untuk membeli.

Di bagian paling bawah adalah diagram dari produk menampilkan beberapa fitur yang menonjol. Grafis dari diagram tersebut luar biasa karena menawarkan informasi yang berguna dengan cara yang kreatif dan menyenangkan sehingga menarik perhatian Anda.

Kriteria Pencarian dengan Filter

Tidak setiap web toko termasuk barang-barang pencari disaring, namun fitur tambahan ini hanya membantu sehingga tidak dapat dilebih-lebihkan. Filter memungkinkan pengguna untuk membatasi hasil pencarian berdasarkan ukuran item, kuantitas, produsen, sejumlah properti terkait.

Dan filter ini dapat bekerja untuk kedua barang fisik dan digital. Situs E-commerce yang menjual beberapa produk yang berbeda akan sangat menguntungkan dari UI ini.

Setiap tren ini tidak harus dianggap sebagai hal yang mutlak harus ada, tetapi lebih seperti konsep untuk membantu Anda mengolah & brainstorming ide-ide keren. Bagian terbaik tentang menjadi seorang desainer web adalah kreativitas. Anda dianjurkan untuk menjelajah untuk menemukan ide kreatif Anda di mana saja.

Saya melihat tren ini muncul di banyak toko online yang sering saya kunjungi, dan toko-toko lain yang saya temukan di waktu luang saya. E-commerce adalah rumit tapi semua elemen penting harus membantu untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Memikirkan ide-ide yang akan membujuk pengunjung pertama kali jatuh cinta dengan produk dan website.

Aulia Arif Wardana

Post A Reply

Translate »